Kamis, 19 Februari 2015

Sistem Kerja "Pemanas Air" Gas dan Cara Menggunakannya

Selamat bertemu kembali di blog yang sederhana ini, semoga hari ini lebih baik dari hari kemarin sehingga semua aktivitas yang kita kerjakan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang kita harapkan. Aamiin

Setelah sebelumnya saya membahas mengenai "Memasang sendiri Pemanas Air" pada postingan kali ini saya akan sedikit memberikan gambaran mengenai cara kerja atau sistem kerja pemanas air gas.

Pembahasan akan dibatasi untuk jenis pemanas air gas merk Paloma PH 5 RX. Supaya nggak bertele-tele kita mulai sajah ...Okeh !! (maklum orang sunda)

Saya menganggap atau istilah keren nya ber-asumsi bahwa mesin pemanas air gas sudah terpasang dengan baik beserta saluran/pipa airnya.

Sistem kerja pemanas air gas adalah sebagai berikut:

  • Ketika kran air dibuka (saluran air panas) maka mesin pemanas air secara otomatis akan menyala. Hal ini dikarenakan didalam mesin pemanas air tersebut terdapat sensor yang mendeteksi ketika ada aliran air masuk sehingga secara otomatis akan menyalakan mesin pemanas air, akan tetapi air belum dipanaskan karena tungku dalam mesin pemanas air belum dinyalakan. (tidak otomatis menyala)
  • Untuk menyalakan pemanas air, tekan tombol pengatur suhu (tombol bulat besar) kemudian atur suhu sesuai dengan keinginan (hangat atau panas)
  • Ketika tombol pengatur suhu ditekan (sampai bunyi klik) saluran gas elpiji 3 kg akan terbuka dan pemantik api (baterai) mulai berfungsi  sehingga secara otomatis tungku didalam mesin pemanas air pun menyala untuk memanaskan air. 
  • Untuk mengatur asupan gas elpiji 3 kg, atur tuas yang berada dibawah tombol besar ke kiri atau ke kanan (min atau max). 
  • Waktu yang dibutuhkan untuk memanaskan air tidak lama, paling sekitar 4 atau 5 detik setelah itu air panas langsung bisa anda nikmati (asyiiiiik)


Cara menggunakan pemanas air gas adalah sebagai berikut:

  • Buka kran air panas/hangat
  • Nyalakan tungku pemanas air gas dengan menekan tombol bulat pengatur suhu sampai terdengar bunyi klik
  • Atur suhu air panas dengan memutar tombol pengatur suhu, searah jarum jam untuk mendapatkan air panas dan berlawanan arah jarum jam untuk mendapatkan air hangat.
  • Jika sudah selesai menggunakan pemanas air (sudah mandi) pastikan kran air panas ditutup. Ketika kran air panas ditutup maka mesin secara otomatis akan mati akan tetapi aliran gas masih menyala. Untuk menghentikan aliran gas, maka tekan kembali tombol pengatur suhu sampai terdengar bunyi klik (tombol pengatur suhu ini berfungsi sebagai tombol On/Off nya aliran gas ke tungku pemanas air)


Demikian sistem kerja pemanas air gas dan cara menggunakannya, jika ada masukan, kritik atau pun saran dipersilahkan.

Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca postingan ini, semoga bermanfaat.

1 komentar:

  1. dari skema pemanas air gas diatas, apakah merek dari luar negeri seperti ariston water heater juga menggunakan konsep yang sama min?

    BalasHapus